Mengenal Faktor Penyebab dan Gejala Penyakit Stroke

By | June 8, 2016

penyakit stroke

Mengenal penyakit stroke, mulai dari penyebab dan gejalanya. Penyakit stroke adalah serangan otak yang munculnya secara tiba-tiba yang diakibatkan tersumbatnya atau pecahnya pembuluh darah otak. Dengan kata lain penyakit stroke ini merupakan penyakit pembuluh darah otak yang ditandai dengan kematian dari jaringan otak, hal tersebut disebabkan karena adanya penyumbatan, penyempitan atau pecahnya pembuluh darah yang menuju ke organ otak sehingga pasokan darah dan oksigen ke otak akan berkurang dan akan memunculkan serangkaian reaksi biokimia yang akan merusakkan dan mematikan sel-sel saraf otak.

Jumlah penderita penyakit stroke di negara Indonesia ini terus meningkat pada setiap tahunnya. Pada akhir tahun 2012 lalu, sebuah lembaga telah mencatat bahwa terjadi sekitar 500.000 kasus penderita penyakit stroke dengan angka 12.500 orang meningkat akibat penyakit stroke. Sementara sisanya mengalami cacat, baik ringan ataupun berat. Maka dari itu pengobatan awal serta pencegahan menjadi peran penting dalam memerangi penyakit stroke.

Penyebab penyakit stroke

Penyakit stroke ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya faktor risiko prilaku dan risiko medis.

1. Faktor resiko prilaku

Faktor resiko prilaku disebabkan karena gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat contohnya seperti kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman bersoda dan minuman berlakohol, sering mengonsumsi makanan cepat saji. Faktor resiko prilaku lainya adalah kurangnya aktivitas olahraga dan obesitas. Salah satu pemicu utamanya adalah suasana hati yang tidak nyaman seperti sering marah tanpa ada alasan yang jelas.

2. Faktor resiko medis

Faktor resiko medis yang menyebabkan atau memperparah penyakit stroke antara lain hipertensi (tekanan darah tinggi), kolesterol, arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah), gangguan organ jantung, diabetes, faktor keturunan dan penyakit migren. Menurut data statistik 80% pemicu penyakit stroke adalah hipertensi dan arteriosklerosis.

Gejala serangan penyakit stroke

Pada tingkat awal setiap orang perlu memperoleh informasi yang jelas dan meyakinkan bahwa penyakit stroke ini adalah serangan otak yang secara sederhana memiliki lima tanda-tanda utama yang harus dimengerti dan sangat dipahami. Hal ini sangat penting agar semua orang memiliki kewaspadaan yang tinggi terhadap bahaya serangan penyakit stroke

Lima tanda-tanda utama serangan penyakit stroke

1. Rasa bebal atau mati mendadak atau kehilangan rasa da lemas pada bagian wajah, tangan atau kaki, terutama pada satu bagian tubuh saja.

2. Rasa binging yang mendadak, sulit bicara atau sulit mengerti.

3. Pandangan satu mata atau kedua mata mendadak kabur.

4. Mendadak suka berjalan, terhuyung dan kehilangan keseimbangan.

5. Mendadak merasa pusing dan sakit kepala tana diketahui penyebabnya.

Selain itu juga perlu dijelaskan pula kemungkinan munculnya tanda lain yang dapat muncul dan perlu diwaspadai.

  • Rasa mual, panas dan sering muntah-muntah.
  • Pingsan mendadak, atau merasa hilang kesadaran secara mendadak.

Baca Juga : Cara Jitu Mencegah Terjadinya Serangan Stroke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *