Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Penderita Jantung Koroner

By | July 13, 2016

Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Penderita Jantung Koroner

Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Penderita Jantung Koroner | “Apabila saya bukan fisikawan, mungkin saya akan menjadi salah satu musisi. Saya sering berfikir sampil mendengarkan musik, saya penuhi lamunan dengan musik. Saya melihat hidup dalam musik.

Begitulah kira-kita Albert Einstein mengungkapkan bahwa kecintaanya terhadap musik. Bahkan dalam lamunan pun dia masih mendengarkan musik.

Sudah lama, alunan melodi sangat dipercaya mampu membuat relaksasi dan membuat pendengarannya bahagia. Bahkan studi terkini telah menyatakan musik yang bermanaat juga terhadap kesehatan jantung.

Institus Kardiologi Universitas Nis, Serbia, telah meneliti efek musik terhadap 74 penderita penyakit jantung pada tahun 2013. Pasien dibagi dalam tiga kelompok.

Kelompok pertama hanya melakukan olahraga secara rutin. Kelompok  kedua sama-sama melakukan olahraga namun di haruskan juga untuk mendengarkan musik favorit selama 30 menit setiap harinya

Sementara itu, kelompok terakhir hanya mendengarkan musik dengan rentan waktu yang sama tanpa ada harus berolahraga. Setelah tiga 3 minggu apa yang akan terjadi??

Kapasitas dan fungsi organ jantung pasien pada grup pertama yang hanya mengambil kelas aerobik terbukti meningkat 29%. Kelompok kedua dinyatakan mengalami peningkatan paling tinggi, yaitu 39%, dibandingkan dengan grup ketiga yang hanya 19%.

Tidak hanya organ jantung. Penelitian ini juga mengukur peningkatan fungsi endotel pembuluh darah yang berhubungan dengan kemampuan vaskular.

Mendengarkan musik sendirian ditambah dengan olahraga rutin, menurut llic, mampu meningkatkan fungsi endotel sehingga bisa menjadi metode penyembuhan tambahan pagi pasien penderita jantung koroner.

Jenis musik

Dia menyatakan tidak ada patokan khusus terkait dengan jenis musik yang paling berkhasiat. Belum ada satu resep musik yang memberikan efek sama bagi semua orang.

“Yang penting, musik tersebut disukai dan membuat orang bahagia” ujar llic.

Meski penelitian tersebut dilakukan pada pasien yang memiliki masalah pada organ jantung llic meyakini bahwa efek serupa juga bisa didapatkan oleh orang-orang sehat.

Karena itu tidak salahnya anda rutin untuk mendengarkan musik agar jantung anda tetap sehat. Jika memungkinkan lakukan hal ini sambil berolahraga.

Agar suara melodi kesayangan terdengar jernih, sebaiknya gunakan speaker yang memiliki koneksi bluetooth agar tidak direpotkan dengan gulungan kabel. salah satunya anda bisa mencoba Muze PSP B1 dari Polytron.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *