Cara Jitu Mencegah Terjadinya Serangan Stroke

By | June 1, 2016

Cara Jitu Mencegah Terjadinya Serangan Stroke

Artikel tentang mencegah penyakit stroke ini bisa menjadi informasi yang sangat bermanfaat untuk anda, baik pria ataupun wanita. Perlu anda garis bawahi dari beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa gejala penyakit stroke saat ini tidak hanya dialami oleh orang yang sudah lanjut usia saja. Namun mereka yang berusia lebih muda juga tidak menutup kemungkinan untuk mengalaminya.

Salah satu faktor penyebab yang paling dominan yaitu adalah karena gaya hidup sehari-hari yang kurang sehat. Gaya hidup tersebut akan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh, sehingga akan sangat mudah untuk terserang penyakit salah satunya adalah penyakit stroke.

Terutama bagi anda yang tinggal di kota-kota besar dengan berbagai kesibukan kerja yang begitu sangat padat sehingga akan mengalami gejala stres. Ditambah dengan mengonsumsi makanan yang tidak menyehatkan, serta terus menghisap asap rokok dan minum-minuman beralkohol. Semua gaya hidup tersebut sangat berisiko bagi anda untuk menderita penyakit stroke.

Sekedar untuk mengingatkan anda bahwa penyakit stroke ini disebabkan karena pecahnya pembuluh darah di otak sehingga akan megakibatkan sebagian atau keseluruhan saraf motorik tidak bisa berfungsi dengan normal.

Biasanya penderita penyakit stroke ini awalnya akan merasakan sakit kepala yang tidak kunjung sembuh. Selanjutnya dia akan merasakan sebagian anggota tubuhnya seperti kaki kiri atau kanan selalu mengalami kesemutan.

Apabila anda sudah mengalami gejala seperti diatas itu maka anda diharuskan untuk memeriksakan diri ke dokter. Jangan sampai hingga sebgian atau seluruh anggota badan anda lumpuh dan tidak bisa lagi bergerak.

Beberapa cara jitu untuk mencegah terjadinya penyakit stroke

  • Menghindari minuman beralkohol dan merokok

Hindarilah sebiasa mungkin untuk mengonsumsi minuman beralkohol dan rokok. Hal tersebut dikarenakan bahan yang terkandung di dalamnya memiliki sifat panas seingga bisa menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah yang bisa berakibat pada penyakit stroke. Anda yang saat ini masih mengonsumsinya segerlah untuk menjauhinya agar terhindar dari serangan penyakit stroke

  • Menjauhi makanan yang berkolesterol tinggi

Jauhilah sebisa mungkin makanan yang berlemak dan memiliki kandungan kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan makanan jenis makanan semacam itu bisa menyebabkan kolesterol di dalam darah menjadi tidak terkendali dan akhirnya menyumbat pada pembuluh darah. Apabila hal tersebut terjadi maka tidak menutup kemungkinan anda akan terserang penyakit stroke.

  • Berolahraga secara teratur

Perhatikan olahraga secara teratur minumal 3 kali dalam satuminggu untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh anda. Dengan merolahraga juga bisa memperlancar peredaran darah di dalam tubuh. Pasalnya, timbunan lemak, kalori dan kolesterol di dalam darah bisa dikeluarkan dan dibakar melalui keringat yang keluar saat anda berolahraga. Cara ini sangat jitu sekali untuk mencegah serangan stroke.

  • Melakukan pemeriksaan secara rutin

Jangan lupa untuk selalu memeriksakan secara rutin kadar kolesterol di dalam darah anda. Hal tersebut sebagai langkah antisipatif angar anda selalu waspada dan terhindar dari penyakit stroke. Pemeriksaaan ini bisa dilakukan di rumah sakit, klinik kesehatan atau laboratorium kesehatan yang memiliki fasilitas untuk menguji kardar kolesterol di dalam darah.

Baca Juga : Ciri-ciri Penyakit Stroke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *